Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sharing Pengalaman Mata Pelajaran Akuntansi SMA

Halo teman-teman kali ini saya ingin sharing tentang pelajaran akuntansi di SMA, mudah-mudahan saya masih ingat karena kadang saya juga bisa lupa. Tapi tetep sih yang susah dan gak bisa di lupain ya kenangan semasa SMA dan kenangan sama mantan hehe.
Mungkin ceritanya SMA Akuntansinya agak sedikit ngawur atau gak sesuai ya mohon di maklum aja ya… soalnya masih belajar tentang bikin cerita pengalaman, ya gitu lah pokonya mah
https://www.helo.my.id

Siapa diantara kalian yang baru lulus smp atau mts dan berniat melanjutkan sekolah ke SMA jurusan ips karena tertarik dengan mata pelajaran akuntansi, atau sekarang kalian lagi mencari tahu tentang apa saja pelajaran sma jurusan ips yang akan dipelajari nantinya. 

Jadi sebetulnya jika kita masuk sma sebetulnya ada 2 jurusan yang di SMA yatu jurusan IPA, jurusan IPS. Bentar-bentar, ngomong-ngomong kalian udah tahu belum sih mengenal  pelajaran akuntansi SMA yang ada di pelajaran sma jurusan ips. Katanya sih mata pelajaran Akuntansi SMA ini berguna lho saat nanti di dunia kerja, karena bisa jadi nilai tambah untuk kita jika bisa menguasai dasar-dasar akuntansi apalagi ditambah kemampuan microsoft excel. Misalkan setelah lulus SMA kita memutuskan ingin langsung bekerja dan melamar di bagian admin, dan ternyata syaratnya harus bisa entry jurnal atau pembukuan dengan microsoft excel, itu adalah kesempatan bagus buat kita nunjukin kemampuan kita. 


Sebenarnya sih akuntansi ini gak terlalu dalam di pelajari di bangku SMA, melainkan hanya dasar-dasarnya saja itu pun biasanya hanya dipelajari di kelas XI. Karena masuk kelompok jurusan SMA IPS tentang ekonomi jadi ya gak terlalu dalam di pelajari di kelasnya. karena di SMA IPS sendiri mata pelajaran peminatannya yaitu terdiri dari ekonomi, geografi, sejarah dan sosiologi. Nah si akuntansi ini masuk ke kelompok mata pelajaran ekonomi. Sebenarnya sih bagi kita yang baru belajar mengenal akuntansi SMA pasti mulanya akan sedikit bingung dalam memahami persamaan akuntansi, tapi itu gak berlangsung lama karena menurut saya akuntansi itu mudah dan menyenangkan. Tapi bagi saya yang kadang otaknya ngeleg tiba-tiba itu bisa jadi kesulitan :). 


Baru di awal awal saya sempat bingung dengan prinsip dasar akuntansi, yaitu harta = kewajiban + ekuitas. Ekuitas disini artinya adalah modal, modal tersebut bisa dari kita pribadi atau pinjaman dari luar misalnya bank, atau pun uang dari investor yang menanamkan modal pada perusahaan kita. Hal sesederhana itu membuat saya kebingungan selama 3 hari, terus di lanjut membuat COA. Coa ya bukan kecoa hehehe. COA sendiri adalah Chart Of Account atau daftar akun yang harus ada sebelum kita melakukan proses identifikasi transaksi, ini aja udah membuat kepala saya mulai anget hadeh. Jadi gimana dong caranya bikin COA, ternyata caranya adalah dengan melihat dari semua bukti transaksi yang ada dan juga semua barang atau aset yang dimiliki perusahaan.  jumlahnya bisa banyak ataupun sedikit, katanya jumlah bayaknya akun tergantung  dari jenis entitas bisnis tersebut


to be continue


Posting Komentar untuk "Sharing Pengalaman Mata Pelajaran Akuntansi SMA"